|

Bank Syariah Bukopin Maksimalkan Amal Usaha Muhammadiyah

BANDUNG,  PT Bank Syariah Bukopin menyelenggarakan acara Customer Gathering dengan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat yang ditandai dengan penyerahan kenang – kenangan dari Direktur Utama Bank Syariah Bukopin Riyanto kepada Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr.H.M Din Syamsudin, MA  di  Hotel Takashimaya, Jl.Grand Hotel N0.35 Lembang – Bandung.. 

“Acara ini adalah salah satu program kita untuk terus meningkatkan silaturrahmi dengan shareholder maupun stakeholder Bank Syariah Bukopin (BSB),” ungkap Riyanto.

Lebih lanjut Riyanto menjelaskan dalam mengali potensi pembiayaan dan penghimpunan dana pihak ketiga, BSB membuat program khusus untuk eksistensi dan potensi amal usaha Muhammadiyah sebagai asset Persyarikatan Muhammadiyah yang banyak tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Program yang dikemas untuk amal usaha Muhammadiyah melalui, pembiayaan kepada Amal Usaha Muhammadiyah (Rumah Sakit, Pendidikan, dll) serta program funding untuk penghimpunan dana Amal Usaha  Muhammadiyah serta penggembangan ke depan dengan program antara lain pengelolaan keuangan (cash management), payment point, jaringan outlet, BSB sebagai bank operasional Muhammadiyah, pengembangan lembaga keuangan mikro, dan pengembangan dana-dana sosial (CSR dan LAZIS).

“Kami akan lebih berperan aktif dalam mengelola potensi yang ada dilingkungan Persyarikatan Muhammadiyah dengan menawarkan produk – produk yang beragam,” tuturnya.

Produk Bank Syariah Bukopintelah diperkenalkan ke masyarkat berupa Tabungan iB SiAga , Tabungan iB SiAga Bisnis, Tabungan iB Rencana, TabunganKu iB, Tabungan iB Haji, Deposito iB, dan Giro iB. Sementara layanan pembiayaan bisa melalui iB Jual-Beli (murabahah), iB bagi Hasil (musyarakah), iB bagi hasil (mudharabah), iB investasi terikat (mudharabah muqayyadah), iB K3A Pola Syariah, iB Pemilikan Rumah, iB Pemilikan Mobil,  iB KPPA-Relending, iB Perjalanan Haji, iB Jaminan Tunai, dan iB Istishna parallel.  Sementara produk jasa (service) yang ditawarkan Bank Syariah Bukopin yaitu Kartu ATM SiAga,  Kartu SiAga , Visa Elektron, SMS Banking, Internet Banking, Phone banking, Save deposit box, Transfer, Kliring, Inkaso, RTGS, Payment point, dan SKBDN iB.

“Khusus layanan cash management kami akan memberikan layanan perbankan elektronis yang memudahkan nasabah dalam melakukan  akses inquiry saldo dan transaksi secara Real Time On-Line. Layanan ini dilakukan melalui terminal komputer dari lokasi usaha masing-masing sehingga pengelolaan keuangan menjadi lebih efektif, efisien dan tersentralisasi,” jelas Riyanto.

Dengan langkah Strategis pengembangan usaha berupa penggabungan Unit Usaha Syariah PT Bank Bukopin Tbk. ke dalam Bank Syariah Bukopin serta  pengembangan usaha terpadu lainnya, Hingga bulan Mei tahun 2010, Bank Syariah Bukopin berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp 4,6 miliar Jumlah tersebut meningkat sebesar 181% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya  rugi Rp 5,7 miliar.

Sementara itu, dari sisi neraca, Total Aset bulan Mei 2010 meningkat sangat signifikan sebesar 170% atau sebesar Rp 1,2 triliun dari bulan Mei tahun 2009 sebesar Rp 692 miliar menjadi Rp 1,9 triliun pada bulan Mei 2010.

Dana pihak ketiga pada bulan Mei 2010 meningkat sangat signifikan sebesar 496% atau Rp 1,1 triliun dari sebelumnya bulan Mei tahun  2009 sebesar Rp 228 miliar menjadi Rp 1,4 triliun pada bulan Mei 2010.

Pembiayaan hingga bulan Mei 2010 meningkat sangat signifikan sebesar 530% , atau sebesar Rp 1,1 triliun dari sebelumnya bulan Mei 2009 sebesar Rp216  miliar menjadi Rp1,4 triliun pada bulan Mei 2010.

Sedangkan rasio CAR dapat terjaga pada level 13% masih di atas ketentuan Bank Indonesia yang sebesar 8%, walaupun lebih rendah dibandingkan dengan periode sebelumnya, sebagai konsekuensi dari naiknya jumlah Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) sebagai dampak peningkatan volume usaha yang lebih besar.

Sementara rasio - rasio keuangan lainnya juga menunjukkan kondisi yang baik, seperti ROA sebesar 0,59%, ROE 7,6 %  dan NPF sebesar  3,88%.

Kesuksesan yang diraih Bank syariah bukopin, baik dalam hal kinerja keuangan maupun pengakuan dari pihak eksternal, merupakan output atas dedikasi, kerja keras, penuh komitmen dari jajaran manajemen, karyawan, maupun kepercayaan yang diberikan nasabah serta stakeholders. Terbukti, selama tahun 2009, Bank Syariah Bukopin telah memperoleh penghargaan – penghargaan, antara lain The Best Banking Shariah of the Year 2009 dari  Indonesia Moslem Award; The Most Comportable Office & Service Excellence For Shariah Banking Industry   dari Majalah Property & Bank.; Peringkat Kedua dalam kategori “The Best Service Quality Bank Syariah, Peringkat pertama The Best Teller Bank Syariah, Peringkat Kedua ”The Most Convenience Musholla , dan Peringkat Ketiga “The Most Conveniece ATM” dari Karim Business Consulting, serta  The Banking Efficiency Award dari Bisnis Indonesia.  Pada 8 Maret 2010, BSB mendapat penghargaan dari International Business & Company Award 2010 sebagai Best Company in Banking Syariah of The Year. “Awal Maret tahun ini Kami menerina penghargaan dari International Business & Company Award 2010 sebagai Best Company in Banking Syariah of The Year,” tuturnya.

Dengan mengedepankan layanan yang berkualitas kepada nasabah melalui seluruh jaringan distribusi yang kami miliki, Riyanto optimistis Bank Syariah Bukopin akan terus tumbuh dan bersinegi dengan Amal Usaha Muhammadiyah. Kami selalu berupaya untuk mejadi bank syariah pilihan dengan pelayanan terbaik dan terus memberikan nilai tambah kepada stakeholder.

Dipublikasikan Kabar Muhammadiyah Pukul: 3:33 pm. Pada Kategori: . . Silakan Berkomentar

0 comments for "Bank Syariah Bukopin Maksimalkan Amal Usaha Muhammadiyah"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added